Search this bog

Selasa, 20 September 2011

Makalah TIK


CLIPING INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY


ABOUT OF COMPUTER TECHNOLOGY DEVELOPING


 





















SENIOR HIGH SCHOOL 1 OF JAMPANGKULON
BAB II




PERANAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI



Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam kehidupan kita mendatang sekarang pun sudah tampak, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang cukup dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi, akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Pada pembelajaran sebelumnya telah Anda pelajari teknologi informasi dan komunikasi  pada berbagai bidang. Pembelajaran ini merupakan pengembangan dari pembelajaran sebelumnya yang menekankan pada peranan teknologi informasi dan komunikasi.

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Teknologi informasi  dan komunikasi banyak berperan dalam berbagai bidang.
           
            Di bawah ini ada beberapa bidang antara lain:
a.         Bidang Pendidikan (e-education)
b.         Bidang Pemerintahan (e-government)
c.         Bidang Keuangan dan Perbankan
d.         Bidang Perniagaan dan Perdagangan (e-commerce)

Teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan untuk dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi untuk mengolah data : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi, kolektif, profesi, dan asosiasi profesi. Pada era informasi, jarak fisik atau jarak geografis  bukan faktor penentu dalam interaksi manusia, atau lembaga usaha, sehingga dunia ini menjadi suatu kampung global atau Global village.
Perkembangan teknologi informasi telah memacu cara baru dalam kehidupan dari awal sampai akhir seperti ini dikenal dengan e-life. Artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Selanjutnya sekarang marak berbagai terminologi yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya. Terminologi tersebut menunjukkan bidang-bidang terapan dari teknologi informasi.


Berdasarkan kebutuhan untuk berinteraksi, manusia senantiasa berupaya mencari dan mencipta sistem dan alat untuk berinteraksi, mulai dari gambar (bentuk lukisan), isyarat (tangan, asap, dan bunyi), huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, sampai dengan telepon dan internet. Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia  sebenarnya seiring dengan peradaban manusia itu sendiri yang sekarang  sampai pada Teknologi Informasi. Informasi yang dibutuhkan, senantiasa dikekola, disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar  menggambarkan sesuatu yang bersifat indiidual, sampai pada informasi strategis seperti taktik bertempur.
Pada masa pra-sejarah, teknologi informasi digunakan sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang ingin dikenali. Pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. Pada masa sejarah, teknologi informasi berkembang pada masayarakat kalangan atas seperti para kepala suku atau kelompok. Pada masalah itu teknologi digunakan pada kegiatan  tertentu seperti upacara, dan ritual. Pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam  segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 









BAB III



BEBERAPA MANFAAT SERTA DAMPAK DARI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI



A.    Manfaat Positif
              

            Filed Under: Umum
Perkembangan dunia teknologi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat setiap insan manusia mau tidak mau, siap tidak siap menerima datangnya dunia teknologi dan komunikasi. Sangatlah terlihat betapa banyaknya teknologi dan komunikasi bermunculan dalam waktu bersamaan, seperti : adanya media cetak dan media elektronik berupa surat kabar, radio, televisi, dan komputer. Mereka berharap adanya teknologi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan manfaat yang sangat berarti bagi mereka.

1              manfaat positif yang dapat kita peroleh dari surat kabar, yaitu : kita dapat menyampaikan keinginan kita kepada seseorang dengan cara menulis surat, kita dapat memperoleh berita dan informasi baik berita nasional maupun berita internasional melalui terbitan koran, kita dapat membaca tips dan trik serta informasi yang diperoleh dari majalah, dan masih banyak lagi.

2              manfaat positif yang dapat kita peroleh, dilihat dari sisi radio, yaitu : kita dapat mendengar ada program siaran apa saja yang disajikan oleh penyiar radio, memberi informasi kepada pendengar melalui pemberitaan baik berita nasional maupun internasional yang berupa : berita agama, budaya, ekonomi, hukum, keamanan, pertahanan, politik, dan sosial dari suatu negara, dan sebagainya. Lalu manfaat positif yang dapat kita peroleh jika dilihat dari sisi televisi, yaitu : kita dapat mengetahui informasi dari suatu iklan produk tertentu, kita dapat menonton siaran televisi yang kita sukai, memberikan informasi kepada penonton melaui media pemberitaan dan siaran langsung baik nasional maupun internasional dan lain-lain.

3              manfaat positif yang diperoleh dari media komputer, yaitu : kita bisa mendapatkan akses informasi dari mana saja dan kapan saja hanya dalam hitungan menit tanpa harus mengorbankan waktu, dan tenaga, kita bisa melakukan pekerjaan dengan mudah tanpa harus menggunakan mesin ketikan, kita bisa berkomunikasi secara langsung melalui chatting tanpa harus bertemu, dan masih banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari komputer.













B.     DAMPAK NEGATIF


Disamping manfaat positif yang begitu banyak kita dapatkan dari penggunaan teknologi dan komunikasi, ada pula berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi dan komunikasi. Bayangkan setiap harinya, berapa banyak pengguna teknologi dan komunikasi yang terhubung di media cetak dan elektronik. Kita mungkin tidak bisa terlepas dari dunia ini, karena teknologi dan komunikasi baik media cetak maupun media elektronik ibarat kata seperti makanan kita sehari-hari, makanan tidak akan terasa enak jika kita tidak menggunakan teknologi dan komunikasi tersebut.

Berikut ini beberapa dampak negative:

1              Bila dilihat dari sisi surat kabar ialah peniruan tanda tangan seseorang.

2              Dampak negatif yang kedua bila dilihat dari sisi radio, yaitu : kita tidak tahu seperti apa penyiar radio, apakah penyiar radio itu cantik atau tampan, kita hanya bisa mendengar suara penyiar saja dan kita tidak bisa melihat penyiar radio secara langsung.

3              Lalu dampak negatif yang ketiga jika dilihat dari sisi televisi , yaitu : membuat kita lupa waktu untuk belajar, istirahat, makan dan sebagainya karena kita terlalu asyik menonton televisi yang disiarkan oleh stasiun televisi, membuat anak-anak berperilaku tidak baik kepada orang tua mereka karena anak-anak cenderung mengikuti tingkah laku mereka yang ada di televisi, membuat seseorang meniru tokoh idola yang mereka sukai mulai dari gaya hidupnya sampai penampilannya saat tampil dilayar televisi.

4              Dampak yang terakhir bila dilihat dari media komputer, yaitu : membuat kita berada seharian menggunakan internet hingga lupa waktu untuk melakukan aktivitas, bermain game seharian hingga tidak tidur, penyalahgunaan terhadap fasilitas yang telah disediakan oleh pengguna internet yang tidak baik, membuat anak-anak tidak masuk sekolah karena bermain game dan membuka program aplikasi yang ada di internet, memanipulasi data seseorang, mencuri data seseorang, dan memblokir data seseorang.

Untuk mengatasinya, kita sebagai pengguna teknologi dan komunikasi sebaiknya dapat memahami betul-betul apakah kegunaan media tersebut baik untuk kita gunakan, dengan mempertimbangkan manfaat positif dan dampak negatif yang akan terjadi dari masing-masing kegunaan teknologi dan komunikasi tersebut sebelum kita memakainya. Dengan begitu perkembangan teknologi dan komunikasi tidak akan menimbulkan keresahan dan masalah bagi masyarakat luas pada umumnya, serta pada khususnya bagi pengguna teknologi dan komunikasi.















DAFTAR PUSTAKA



http://www.g-excess.com/id/ Peranan-Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi/.
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/Beberapa-Manfaat-dan-Dampak-Dari-Teknologi-Komunikasi/.

















































No
Nama
Absen
Ket
Nilai
Aktif
Tidak Aktif
1





2





3





4





5





6





7






Tidak ada komentar:

Posting Komentar